Hey buddies, welcome here... Get knowledges and share it to your friends around the world, just click share button dude...

Sunday, August 7, 2011

Membuat Bootable USB Disk / PENDRIVE untuk Installasi Windows 7

Membuat Bootable USB Disk / PENDRIVE untuk Installasi Windows 7
(Making Bootable USB Disk for Windows 7 Installation)


Bagaimana membuat USB Disk atau biasa disebut flashdisk atau PENDRIVE menjadi pengganti DVD Installer untuk Windows 7??? Awalnya saya tidak begitu mempertimbangkan hal ini, thoh kebanyakan laptop atau notebook jaman sekarang sudah mendukung DVD Drive yang cukup mumpuni. Kalaupun harus mempunyai netbook, thoh pasti sudah berisikan Operating System tertentu –yang kebanyakan sekarang adalah Windows 7 Starter Edition.

Namun, saya pikir pasti suatu saat menginstall Windows 7 melalui flashdisk tetap dibutuhkan. Untuk kasus-kasus tertentu, seperti ingin menginstall ulang Windows di netbook karena habis kena virus *amit2, moga kagak ane yang kena* atau ingin membawa sebuah installer kemanapun Anda pergi.

Ok, tak usah berpanjang lebar kali panjang kali tinggi *volume doong??? Kkkkk~*, saya jelaskan saja langsung prosesnya. Tapi, eittss tunggu dulu bagi yang belum tahu kali ini saya mau ngapain, ok saya jelaskan sebentar yah *yang udah ngerti tetep jangan sombong!!*. kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah bootable USB Disk, yaitu kita bisa menginstall Windows 7 dari flashdisk kita. Intinya, kita akan membuat flashdisk kita sebagai pengganti keping DVD Windows 7 untuk instalasi. Cara yang akan saya berikan ialah dengan memanfaatkan Command Prompt yang ada disetiap Windows kita. (anggap saja scenario yang saya berikan ini adalah membuat bootable USB disk untuk menginstall Windows 7 dari Windows Vista; atau dari Windows 7 untuk membuat installer Windows 7 juga).

Berikut langkah-langkahnya:
Siapkan:
ü  USB Flashdisk minimal 3GB
ü  File Windows (bisa dalam format *.iso ataupun DVD Installernya)

1.       Buka Command Prompt, caranya pilih Start menu >> All programs >> Accesoriess >> Command Prompt kemudian klik kanan dan pilih “Run as administrator
2.       Tulis perintah ‘diskpart’ (tanpa single quote) kemudian tekan ENTER, maka akan segera muncul jendela baru yang tampilannya sama dengan Command Prompt.
3.       Di jendela baru tersebut,

a.       ketikkan perintah
 ‘list disk’ (tanpa single quote) dan tekan ENTER.
 Setelah itu akan tertampil seluruh disk yang ada di komputermu. Saya berasumsi bahwa harddisk internal kamu adalah Disk 0 dan flashdisk kamu adalah Disk 1.
b.      Bersihkan flashdisk kamu dengan mengetikkan perintah berikut (jika flashdisk anda tidak berada di Disk 1, silahkan ganti angka 1 dengan urutan angka dimana flashdiskmu berada).
Ketik:
select disk 1’ (tanpa single quote) kemudian tekan ENTER.
clean’ (tanpa single quote) kemudian tekan ENTER
(sebelum melakukan ini, silahkan tutup Windows Explorer dan jangan ada file yang dijalankan dari flashdisk kamu).
c.       Buat partisi primer untuk flashdisk kamu, dengan menuliskan perintah
create partition primary’ (tanpa single quote) lalu tekan ENTER.
d.      Pilih partisi yang telah dibuat dan mengaktifkannya dengan menulisk perintah
select partition 1’ (tanpa single quote), lalu ENTER
active’ (tanpa single quote), dan ENTER
e.      Format flashdisk dan menggantinya dengan filesistem NTFS, caranya ketik
format fs=NTFS’ (tanpa single quote), lalu tekan ENTER
f.        Keluar dari jendela sekarang ini dengan menuliskan
assign’ (tanpa single quote), lalu ENTER
exit’ (tanpa single quote), lalu ENTER. Sampai disini jendela akan tertutup otomatis.

4.       Langkah selanjutnya adalah membuat USB Disk menjadi bootable dengan menggunakan file bootsect (didalam folder \boot)yang ada dalam DVD Windows 7 atau Windows Vista atau jika kamu mendownloadnya dari internet yang berekstensi .iso, ekstraklah dulu agar semua file terbuka. Disini saya berasumsi bahwa kamu menggunakan DVD Installer yang telah siap digunakan.
a.       Masukkan DVD Installer kedalam drive. Buka Command Prompt yang ada pada langkah 1 atau buka kembali jika kamu sudah menutupnya (tidak oerlu mengulangi dari awal). Kemudian ketikkan perintah ‘D:’ (tanpa single quote) untuk membuka DVD Installer tersebut. **masing-masing computer berbeda dalam menempatka nama drive untuk CD/DVD. Disini saya berasumsi bahwa drive tempat DVD berada adalah pada drive D:
b.      Ketikkan ‘cd D:\boot’ (tanpa single quote). **perintah ‘cd’ digunakan untuk membuka folder. Jika letak folder  adalah di D:\Windows7\boot , maka cukup ketikkan ‘cd D:\Windows7\boot’. Begitu juga bila berada didalam drive dan/atau folder lainnya.**
c.       Ok, sekarang kamu sudah berada didalam folder D: \boot dimana didalam folder \boot sebuah file bernama bootsect ditempatkan. Sekarang tinggal mengubah sedikit file bootsect tersebut untuk membuat USB Disk menjadi bootable. Ketik:
bootsect /nt60 H:’ (tanpa single quote), lalu ENTER
                H: adalah nama drive dari USB yang ingin kamu buat menjadi bootable. Disini saya mengasumsikan USB kamu ada di drive H:. Jika bukan flashdisk kamu bukan di H: , ganti H: sesuai nama flash drive di PC mu.
5.       Langkah terakhir dari sekian proses panjang adalah, copy seluruh file Windows tadi (di asumsikan ada pada DVD Installer) ke flashdisk mu. Cukup gunakan Windows Explorer dan copy-paste secara biasa. Dan kini USB Disk/flashdisk/PENDRIVE punyamu sudah bisa menjadi bootable untuk menginstall Windows!
6.       Cek apakah flashdiskmu benar-benar bootable dengan masuk ke BIOS dan mengubah posisi flashdiskmu di priooritas utama booting. **Untuk beberapa laptop hal ini tidak diperlukan.**

-SELESAI-

========================================================================

biasakan tinggalkan komentar agar memotivasi saya untuk bisa menulis artikel yang lebih baik lagi.. setiap kata yang anda tinggalakan akan menjadi masukan buat saya.. hhee..

anda boleh mengcopy isi artikel ini dengan syarat hanya sebagian saja, selebihnya harus iarahkan ke blog/link tulisan kesini..hhee..

0 comments so far:

Post a Comment

don't miss it! See also this related post:


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Get widget